Detik – detik longsor Banjarnegara

Ya, hari Jumat tanggal 12 Desember 2014 lalu merupakan hari berduka khususnya warga Banjarnegara dan rakyat Indonesia… Sebuah bukit yang terletak di Karang Kobar, Banjarnegara Jawa Tengah tiba – tiba menenggelamkan Dusun Jemblung yang ada di bawahnya… 

longsor banjarnegara 1

Dalam 5 menit longsoran bukit Telaga Lele meluap dan menenggelamkan dusun seluas 25 hektar yang berisi 35 rumah dan 55 kepala keluarga.

longsor banjarnegara 3

Informasi yang omtb kutip dari okezone, korban yang sudah ditemukan wafat sebanyak 39 orang, dan 69 lainnya masih tertimbun longsor (minggu sore kemarin…)

“Data sementara korban yang ditemukan meninggal sebanyak 39 orang dan diperkirakan masih 69 korban yang masih tertimbun,” kata Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah.

Sampai saat ini pencarian masih terus dilakukan dan kemungkinan besar jumlah korban wafat akan terus bertambah.

longsor banjarnegara 2 longsor banjarnegara 4

Berikut penyebab longsor versi UGM yang omtb kutip dari Tempo:

Dwikorita menjelaskan akibat adanya sejumlah jalur patahan, kawasan Kecamatan Karangkobar memiliki tekstur daratan berbukit yang memiliki lereng curam dan tegak. Jalur-jalur patahan itu juga mengakibatkan ikatan lapisan batuan penyangga tanah saling terbelah dan rapuh. (Baca: Dalam Lima Tahun, Banjarnegara Longsor 15 Kali)

Efek patahan, yang memudahkan longsor terjadi ini, didukung dengan karakter lapisan di bawah tanah yang berupa batu lempung atau napal. Saat hujan lebat terjadi, air yang meresap ke dalam tanah tertahan oleh lapisan batuan itu.

Akibatnya, permukaan batuan menjadi licin. Gundukan tanah dalam jumlah besar di atas lapisan itu mudah bergerak melaju ke area bagian bawah. “Saya sudah pegang contoh lapisan batuan napal itu, permukaannya licin dan terpecah-pecah sehingga juga rawan ikut longsor,” kata Dwikorita.

Lapisan tanah di atas batuan juga gembur karena banyak ditumbuhi pepohonan jenis perdu atau tingginya kurang dari enam meter. Adapun pohon-pohon lain yang tidak memiliki akar tunggang juga banyak tumbuh di sekitar lokasi longsor.

Selain karakter wilayah yang memang rawan, Dwikorita mengamati banyak drainase berkualitas buruk. Hujan lebat menyebabkan banyak air meluber ke luar drainase dan membebani lapisan tanah di lereng.

Dan berikut video detik-detik saat terjadinya longsor, begitu cepat dan tak terduga.

Omahmotor menyatakan turut berduka cita atas bencana longsor Banjarnegara.. semoga korban yang wafat diampuni dan diterima amal ibadah di sisi-Nya.. dan keluarga, korban yang selamat dan mengungsi diberikan ketabahan agar dapat menerima semua kejadian ini. (omtb)

Sumber gambar: voa indonesia, kompas, reuters, viva

Iklan

One comment on “Detik – detik longsor Banjarnegara

Tumpahkan pemikiran anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s